Monday, May 30, 2016

Awas, Hati-Hati 11 hal ini yang dibenci Allah

Manusia hadir sebagai khalifah dimuka bumi, yang tujuannya memang untuk menjaga keselarasan hubungan yang baik antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia ataupun manusia dengan alam. Namun kebanyakan manusia tidak bisa menjalankan kewajibannya dengan baik, bahkan cenderung merusak perbuatannya.

Hati-Hati 11 hal ini yang dibenci Allah

Beberapa perbuatan manusia itu, cenderung dibenci oleh Allah, karena tentu saja perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain, bahkan dirinya sendiri itu akhirnya akan membawa panutan yang tidak baik bagi orang-orang sekelilingnya. Inilah 10 Perkara yang Dibenci Allah:

1.    Kikirnya orang-orang kaya

Allah memberikan kekayaan bagi seseorang itu sebenarnya selain sebuah kenikmatan, sebenarnya hal itu merupakan ujian baginya. Karena kekayaan yang seyogyanya bisa dipakai untuk membantu dan meringankan beban orang lain, malah nyatanya tidak. Sseorang yang gila akan hartanya, biasanya bersikap kikir, takut hartanya habis jika untuk sedekah atau membantu orang yang kesusahan. Padahal Allah tidak pernah memiskinankan seseorang yang ahli sedekah, bahkan sebaliknya Allah akan memberi banyak gantinya. Dan orang-orang kaya yang kikir diancam oleh Rasulullah bukan bagian dari orang-orang yang baik.
Barang siapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslimin maka dia bukan bagian dari mereka (HR. Hakim).

2.    Orang Miskin yang Sombong.

Apa yang bisa dibanggakan pada orang miskin yang sombong? Bukankah seharusnya ia lebih mendekatkan diri pada Allah agar diberi kemudahan dalam mencari harta? karena kedekatan diri pada Allah membuat imannya lebih kuat, jauh dari hal-hal yang sombong. Masih adakah orang-orang seperti ini? jawabannya ada! Beberpa orang miskin yang ditemui terlihat sekali ia sombong, dalam artian bukan sikapnya, namun lebih dari itu. Ia tidak mau beribadah lebih tekun, bahkan tidak mau beribadah sama sekali, juga puasa apalagi bersedekah.  Sombong seperti ini sangat dibenci Allah, hal ini tertuang pada ayat berikut:
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri (Lukman : 18).

3.    Rakusnya para Ulama

Adakah hal yang demikian? Ada juga, saat ulama sudah mulai komersial di televisi atau diundang pada suatu tabliq akbar atau tempat umum. Memang tidak semua demikian, namun ada saja yang memasang tarif untuk bisa tampil disuatu acara dengan biaya yang luarbiasa. Meski mungkin sebelumnya untuk biaya operasional, namun jika berlebih-lebihan seperti ini dikhawatirkan menjadi wahn, atau pecinta dunia. Padahal ulama diharapkan sebagai ujung tombak untuk memberikan pengajaran akhlak pada umat. Jika ulama sudah mulai rakus dalam dunia, ini merupakan salah satu tanda dari10 Perkara yang Dibenci Allah.
Celakalah bagi ummatku dari ulama buruk yang menjadikan agama ini sebagai komoditas, yang mereka jual pada para penguasa mereka di zamannya demi meraup keuntungan untuk diri mereka sendiri. Allah pasti tidak akan menjadikan bisnis mereka memperoleh keuntungan (HR. Hakim).

4.    Para Wanita Sudah Tidak Banyak Yang Mempunyai Rasa Malu

Hal ini sudah terlihat saat kita berjalan ditempat umum, atau di media-media, begitu mudah para wanita menonjolkan auratnya dengan tidak risih dan mempunyai rasa malu. Padahal Para wanita ini diharapkan lebih bisa menjaga diri dari pandangan, cara berjalan, berpakaian dan bertingkah laku agar tidak terjadi maksiat dan fitnah.

5.    Orang Tua yang lebih suka dunia

Biasanya, orang-orang tua sudah mulai paham dengan peringatan Allah dari fisiknya. Dimana semua fungsi tubuh, aktivitas mulai menurun, hingga diharapkan untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi kematian, hingga lebih mendekatkan diri pada Allah.Namun nika terjadi hal yang luarabiasa, jika ada atau bahkan banyak orang yang telah renta malah lebih cinta dunia dibanding pada Allah, maka hal itu sangat dibenciNya.

6.    Para pemuda yang malas.

Tulang punggung negara sebenarnya terletak pada para pemudanya yang energik, produktif, kreatif, siap menjadi pemimpin dan tentu shaleh. Bagaimana jika para pemuda itu tumbuh menjadi pribadi pemalas? banyak melakukan perbuatan sia-sia, malah bersekongkol dalam kemaksiatan dan kemungkaran? Orangtua adalah yang paling bertanggungjawab terhadap masa depan pemuda ini. Jika mereka menjadi pribadi yang buruk, brengsek dan pemalas, maka hal itu akibat dari bimbingan yang salah dari mereka. Jika mereka tersesat, jadilah orang yang pertama untuk mengembalikan mereka menjadi pemuda yang baik dan jauh dari kata malas.

7.    Penguasa yang keji

Penguasa seharusnya mengayomi masyarakat dan rakyatnya. Ia harus adil, jauh dari kata kejam. Saat penguasa keji, maka tunggulah Azab Allah, karena penguasa yang keji merupakan satu dari 10 perkara yang dibenci Allah.
 Tempat kembali mereka ialah neraka; dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal orang-orang yang dzalim (Ali Imran : 151).

8.    Pengecutnya Para tentara Perang.

Tentara sebagai garda terdepan dalam membentengi musuh, seharusnya ia menjadi pengayom masyarakat saat ia gagah berani menyongsong perang. bagaimana jika ia berubah menjadi seorang pengecut dan lari dari peperangan? Allh sangat membenci orang yang pengecut, hal ini tertuang dalam ayatNya:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu, maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur) (Al-Anfaal : 15).

9.    Sombongnya para Zahid

Penyakit ujub atau sombong siapapun bisa terkena, tak  terkecuali para zahid, yakni seseorang yang zuhud, yangs ebenarnya memang menghindari keduniawian. Seseorang yang sombong walau zahid sekalipun sangat dibenci Allah. Ini terlihat dalam sabda Rasulullah SAW:

Tiga perkara yang menghancurkan : kekikiran yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti dan ujub dengan pendapat sendiri (HR. Bazzar dan Ath-Thabrani).

10.    Riya para ahli ibadah

Terkadang penyakit riya’ yang mengergap para ahli ibadah ini memang tidak disadari. Ia mengira sudah paling benar shalatnya, hingga menafaikan orang lain dan meremehkan mereka. Atau Ia mengira jika ibadahnya paling diterima dari yang lainnya, hingga ia menjadi sombong. Sesungguhnya celaka mereka yang riya itu karena merupakan syirik kecil yang seharusnya ditinggalkan oleh umat Islam.

11.  Perceraian

Perceraian merupakan hal yang diperbolehkan oleh agama tapi ingat Allah sangat Membecinya, sebagaimana Sabda nabi Muhammad :  “Perkara halal yang paling tidak disukai Allah adalah talak.”[Abu Daud]

Semoga kita terhindari dari perkara-perkara yang dibenci Allah, dan artikel ini dapat menyadarkan kita, bahwa menjadi seseorang tidak cukup hanya baik saja, namun harus memperhataikan apakah kita termasuk kedalam10 Perkara yang Dibenci Allah.



thumbnail
Judul: Awas, Hati-Hati 11 hal ini yang dibenci Allah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Islami :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz Publisher Free Template